Pusat Penjaminan Mutu Politeknik Pariwisata NHI Bandung
Standar Penjaminan Mutu

"Menjadi Institusi pendidikan tinggi kepariwisataan berdaya saing global yang mengedepankan personalitas dan keterampilan dalam mewujudkan SDM maju"

01

Menyelenggarakan proses perkuliahan yang berkualitas dan suasana akademik yang nyaman.

02

Menyelenggarakan penelitian yang bereputasi internasional dan hasilnya dimanfaatkan oleh masyarakat.

03

Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang dibutuhkan oleh masyarakat.

04

Menanamkan dan mengimplementasikan nilai-nilai etika moral akademik dan hospitaliti.

05

Membangun jejaring kerjasama dan kemitraan dengan berbagai stakeholder di bidang kepariwisataan baik di tingkat nasional maupun internasional sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, layanan, serta lulusan.

Tujuan

a. Menyiapkan lulusan yang memiliki pengetahuan, kompetensi dan cara berpikir yang luas di bidang pariwisata serta karakter yang memuliakan Tuhan.

b. Menjadikan Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai lembaga pendidikan pariwisata yang berperan dalam pengembangan sumber daya manusia pariwisata Indonesia.

c. Melakukan pembinaan kehidupan akademik dan peningkatan jejaring kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan maupun industri pariwisata di tingkat nasional maupun internasional. 

Sasaran

a. Penyiapan pengetahuan, kompetensi dan cara berfikir lulusan serta civitas akademika di Politeknik Pariwisata NHI Bandung dengan kepribadian Indonesia.

b. Peningkatan peran Politeknik Pariwisata NHI Bandung dalam pengembangan SDM pariwisata di Indonesia.

c. Peningkatan kredibilitas Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai lembaga pendidikan terkemuka pada tingkat nasional dan global 

Nilai

a. Amanah, merupakan sebuah karakter yang harus dimiliki oleh seluruh civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung yang dilandasi oleh kejujuran dan bertanggung jawab dalam rangka menjunjung mutu kualitas guna pencapaian visi dan implementasi misi.
b. Hospitaliti, merupakan sebuah keyakinan dalam yang harus dimiliki oleh setiap civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung sebagai sebuah budaya melayani kepada setiap stakeholders kepariwisataan pada tingkat nasional maupun internasional.
c. Loyal, merupakan suatu prinsip yang melekat kepada seluruh civitas akademika Politeknik Pariwisata NHI Bandung guna berkarya sesuai fungsi dan peran bagi kepentingan nasional dan Politeknik Pariwisata NHI Bandung
d. Adaptif, merupakan suatu sikap dalam menerima perubahan lingkungan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi guna diterapkan dalam pengembangan SDM kepariwisataan.
e. Kolaboratif, Merupakan suatu sikap dalam mengembangkan kerjasama yang saling memberikan manfaat dari seluruh stakeholders kerpariwisataan nasional maupun internasional. 

PPEPP

Rasionale Standar Penjaminan Mutu

Menjamin tercapainya tujuan Pendidikan tinggi yang berperan strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan merapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan permberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan;

Menjamin agar pembelajaran pada program studi, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi; dan

Mendorong agar perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu pembelajaran, penelitian, dan pengabdian

Pihak yang Bertanggung-jawab untuk Mencapai Standar Penjaminan Mutu

1. Perumusan

Tim Perumus, Pusat Penjaminan Mutu, Administrasi Akademik, Administrasi Umum, Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Senat Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

2. Penetapan  

Senat Politeknik Pariwisata NHI Bandung dan Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

3. Pelaksanaan

Dosen, Tenaga Kependidikan, Mahasiswa.

4. Evaluasi 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

5. Pengendalian 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

6. Peningkatan 

Pusat Pejaminan Mutu, Administrasi Akademik Jurusan, Program Studi, Direktur Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

Standar Penjaminan Mutu

Indikator Capaian Standar Penjaminan Mutu

01

Perguruan Tinggi, Unit Kerja dan Jurusan/Program Studi menyelenggarakan pendidikan tinggi dan pengelolaan institusi menerapkan manajemen mutu secara menyeluruh dan berorientasi pada peningkatan mutu yang berkelanjutan untuk membangun budaya mutu di Politeknik Pariwisata NHI Bandung.

  • Terdapat lembaga yang bertanggung jawab penuh dalam mengelola Penjaminan Mutu pada level Perguruan Tinggi dan bertanggung jawab kepada ketua Politeknik Pariwisata NHI Bandung.
  • Terdapat Gugus Kendali Mutu (GKM) atau bentuk lain yang melaksanakan fungsi Penjaminan mutu pada level, unit dan jurusan/program studi dan berkoordinasi dengan lembaga Penjaminan mutu pada level perguruan tinggi.
  • Terdapat kebijakan Penjaminan mutu yang mencakup Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).
  • Terdapat manual pelaksanaan Penjaminan mutu dalam bentuk Dokumen SPMI, SPME, SNPT dan Rencana Operasional.
  • Terdapat sosialisasi dan pelatihan mutu bagi tim Penjaminan mutu dan gugus kendala mutu yang dilakukan secara berkala, sistematis dan efektif.
  • Terdapat upaya pengendalian dan peningkatan standar yang dilakukan secara sistematis dan efektif dalam meningkatkan mutu yang berkelanjutan dan pembentukan budaya mutu.
  • Terdapat media atau sistem informasi untuk mengendalikan pelaksanaan Penjaminan mutu di perguruan tinggi.

02

Lembaga Penjaminan mutu melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) terhadap penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan institusi secara berkala dan menindaklanjuti hasil evaluasi dalam rangka meningkatkan mutu.

  • Terdapat Mekanisme pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) dengan pendekatan Sistem Penjaminan Mutu – Perguruan Tinggi (SPM-PT) sesuai dengan peraturan pemerintah.
  • Terdapat Kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dalam rangka menindaklanjuti hasil AMI dan meningkatkan Standar.
  • Terdapat Auditor Mutu Internal sebagai tim tetap dan agen pembaru budaya mutu di level perguruan tinggi, unit dan Jurusan/Program Studi.
  • Terdapat pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI) pada level perguruan tinggi, unit kerja dan jurusan/program studi.
  • Terdapat analisis hasil evaluasi sebagai bahan Pengambilan keputusan dan peningkatan standar.
  • Terdapat tindakan pencegahan dan perbaikan yang dilakukan oleh perguruan tinggi, unit kerja dan jurusan/program studi.

03

Lembaga Penjaminan Mutu melakukan pengukuran mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan institusi secara berkala untuk mendapatkan umpan balik dari para pemangku kepentingan yang ditindak lanjuti untuk peningkatan mutu,

  • Terdapat kegiatan pengukuran mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan institusi oleh mahasiswa, dosen, karyawan, program studi, alumni, pengguna alumni dan pihak yang bekerja sama dengan Politeknik Pariwisata NHI Bandung serta pemangku kepentingan diluar yang disebutkan diatas secara periodik.
  • Terdapat Analisa hasil pengukuran mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan institusi oleh pemangku kepentingan secara periodik.
  • Terdapat Tidak Lanjut hasil pengukuran mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi dan pengelolaan institusi oleh pemangku kepentingan secara periodik.

04

Perguruan Tinggi, Jurusan / Program Studi bersama Lembaga Penjaminan Mutu memastikan penyelenggaraan pendidikan tinggi terakreditasi /tersertifikasi oleh Lembaga Nasional dan Internasional.

  • Setiap Program Studi terakreditasi /tersertifikasi oleh lembaga nasional dan internasional.
  • Perguruan tinggi terakreditasi /tersertifikasi oleh lembaga nasional dan internasional.
  • Perguruan Tinggi dan Jurusan/Program Studi bersama Lembaga Penjaminan mutu bertanggung jawab untuk menganalisan perbaikan dan menindaklanjuti masukan dari lembaga Akreditasi /Sertifikasi untuk meningkatkan budaya mutu.

Manual Standar Penjaminan Mutu

01. Manual Penetapan Standar Penjaminan Mutu

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Penetapan Standar Penjaminan Mutu

02. Manual Pelaksanaan Standar Penjaminan Mutu

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Peningkatan Pelaksanaan Penjaminan Mutu Prodi MPPSOP-PPNHIB-PPM-05b
Peningkatan Efisiensi Internal Proses PembelajaranSOP-PPNHIB-MPP-08
Akreditasi Prodi MPPSOP-PPNHIB-PPM-10c
Uji Kompetensi Mahasiswa Prodi MPPSOP-PPNHIB-MPP-10
Studi Penelurusan Lulusan / Tracer Study Prodi MPPSOP-PPNHIB-PPM-14
Jumlah Kegiatan Penelitian oleh mahasiswa Prodi MPPSOP-PPNHIB-MPP-12
Jumlah Kegiatan Penelitian oleh dosen Prodi MPPSOP-PPNHIB-MPP-13
Jumlah Penelitian Dosen yang dipublikasikanSOP-PPNHIB-LITABMAS-10b

Peningkatan Pelaksanaan Penjaminan Mutu AkademikSOP-PPNHIB-MBP-09
Akreditasi Program StudiSOP-PPNHIB-MBP-10
Studi Penelusuran Lulusan (Tracer Study) MBPSOP-PPNHIB-MBP-12

SOP Sistem Evaluasi Dosen Dan Program Studi
(e-Dom, e-Pom, e-Dop, e-Pod)
SOP-PPNHIB-PPM-05b

SOP Peningkatan Efisiensi Internal Proses PembelajaranSOP-PPNHIB-MDP-09
Panduan Pengisian Evaluasi Penjaminan MutuPANDUAN-PPNHIB-ADH-8.a
Panduan Nilai Rata-Rata Evaluasi Penjaminan Mutu PANDUAN-PPNHIB-ADH-8.b
Tracer StudySOP- PPNHIB-MDK -09

Panduan Nilai Rata-rata Evaluasi Penjaminan MutuPANDUAN-PPNHIB-MDK-01
Capaian Rating AkreditasiPANDUAN-PPNHIB-MDK-02
SOP Analisis Evaluasi Dosen & ProdiSOP-PPNHIB-MPI-11.aFORM-PPNHIB-MPI-01
FORM -PPNHIB-MPI-02
FORM -PPNHIB-MPI-03
SOP Tindak Lanjut Analisis Evaluasi Dosen & ProdiSOP-PPNHIB-MPI-11.bFORM-PPNHIB-MPI-01
FORM -PPNHIB-MPI-02
FORM -PPNHIB-MPI-03
SOP Analisis Tracer StudySOP-PPNHIB-MPI-12.aFORM-PPNHIB-MPI-01
FORM -PPNHIB-MPI-02
FORM -PPNHIB-MPI-03
SOP Tindak Lanjut Analisis Tracer StudySOP-PPNHIB-MPI-12.bFORM-PPNHIB-MPI-01
FORM -PPNHIB-MPI-02
FORM -PPNHIB-MPI-03
Akreditasi Program Studi SOP-PPNHIB-MTB-11
Evaluasi Dosen dan Program Studi SOP-PPNHIB-MTB-15
Analisa Tracer Study SOP-PPNHIB-MTB-16
Masa Tunggu Mahasiswa Lulus di Sektor Pariwisata (Tracer Study)SOP-PPNHIB-PPM-14
Prodi yang Terakreditasi Nasional

Sosialisasi Akreditasi-Sertifikasi Program StudiSOP-PPNHIB-PPM-10a
Pembinaan Penyusunan Borang Akreditasi/Sertifikasi Program StudiSOP-PPNHIB-PPM-10b
Asesmen Lapangan Akreditasi Sertifikasi BANPTSOP-PPNHIB-PPM-10c
Sosialiasi Akredirasi Sertifikat TedqualSOP-PPNHIB-PPM-11a
Pembinaan Penyusunan Borang Akreditasi Sertifikasi TedqualSOP-PPNHIB-PPM-11b
Asesmen Lapangan Akreditasi Sertifikasi TedqualSOP-PPNHIB-PPM-11c
Tindak Lanjut Hasil Akreditasi SertifikasiSOP-PPNHIB-PPM-12
Pemantauan Tindak Lanjut Hasil Akreditasi SertifikasiSOP-PPNHIB-PPM-13
Prodi yang Terakreditasi Internasional:
Sosialisasi Akreditasi Sertifikasi TedqualSOP-PPNHIB-PPM-11a
Pembinaan Penyusunan Borang Akreditasi Sertifikasi TedqualSOP-PPNHIB-PPM-11bi
Asesmen Lapangan Akreditasi Sertifikasi TedqualSOP-PPNHIB-PPM-11c
Tindak Lanjut Hasil Akreditasi SertifikasiSOP-PPNHIB-PPM-12
Pemantauan Tindak Lanjut Hasil Akreditasi SertifikasiSOP-PPNHIB-PPM-13

03. Manual Evaluasi Pelaksanaan Standar Penjaminan Mutu

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Evaluasi Pelaksanaan Standar Penjaminan Mutu

04. Manual Pengendalian Standar Penjaminan Mutu

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Pengendalian Standar Penjaminan Mutu

05. Manual Peningkatan Standar Penjaminan Mutu

Manual Kode Prosedur Kode PanduanKode Formulir 
Peningkatan Standar Penjaminan Mutu

Dokumen Terkait dan Referensi

01. Daftar Prosedur

No.Nama Prosedur Kode Prosedur 
1.Evaluasi Pelaksanaan Standar Kompetensi LulusanSOP-PPNHIB-PPM-03
2.Evaluasi Pelaksanaan Standar Kompetensi Lulusan
Kegiatan Orientasi Kerja
SOP-PPNHIB-SDP-07
3.Uji Kompetensi MBPSOP-PPNHIB-MBP-13
4.Sertifikasi Reservasi dan TicketingSOP-PPNHIB-MBP-14
5.KompetisiSOP- PPNHIB-MDK -11
6.Kegiatan EksibisiSOP- PPNHIB-MDK -13
7.Seminar Bisnis KewirausahaanSOP-PPNHIB-PPS-20
8.Tugas Akhir SOP-PPNHIB-MTB-13
9.Analisa Tracer Study SOP-PPNHIB-MTB-16
10.SOP Melaksanakan Asesmen SOP-PPNHIB-LSP-02

02. Daftar Panduan

No.Nama PanduanKode Panduan 
1.

03. Daftar Formulir

No. Nama PanduanKode Panduan 
1.PERMOHONAN PENELITIANFM-PPNHIB-AAK-09.a-01.
2.USULAN PENELITIAN TUGAS AKHIRFM-PPNHIB-AAK-09.a-02.
3.CLEARENS CARD SIDANGFM-PPNHIB-AAK-09.a-03.
4.PENGESAHAN JUDULFM-PPNHIB-AAK-09.a-04.

04. Daftar Template

NoNama TemplateKode Template
1.

"Countinous Quality Improvement"

Address

Jl. Dr. Setiabudhi No, 186
Bandung - 40141
Jawa Barat - Indonesia


Contacts

Email: kspm@poltekpar-nhi.ac.id
Phone: +62 (22) 2011456
Fax: +62 (22) 2012097